komputer lembaga keuangan perbankan

Komputerisasi Lembaga Keuangan Perbankan

  • Definisi Uang

    Uang merupakan alat tukar menukar barang atau jasa dan sebagai alat pembayaran yang sah.

  • Fungsi Uang

– Sebagai Alat Tukar

– Sebagai Alat Satuan Hitung

– Sebagai Penunjuk Kekayaan dan Kemakmuran Seseorang

Pada kenyataannya di dunia ini sering terdapat dua jenis kondisi keuangan yang dialami oleh dua badan atau orang, yaitu kondisi kelebihan uang atau surplus, dan kondisi kekurangan uang atau defisit.

Dimana suatu badan yang mengalami defisit dapat meminjam uang kepada yang surplus, maupun sebaliknya yang surplus dapat meminjamkan kepada yang defisit. Dan diantara dua badan tersebut ada suatu badan yang bernama Bank yang dapat menjadi perantara dalam proses pinjam-meminjam.

Seorang debitur, selain dapat meminjam melalui bank juga dapat memperoleh dana melalui pasar modal dengan menjual saham dan obligasi kepada investor.

Untuk memenuhi kebijakan moneter dalam rangka mengurangi jumlah uang yang beredar, tingkat suku bunga tabungan di bank harus lebih kecil dibandingkan suku bunga di pasar modal, sehingga orang cenderung lebih memilih menyimpan uangnya di bank.

Demikian pula jika suku bunga pasar modal lebih besar dari suku bunga kredit, maka orang lebih suka memilih untuk meminjam uang dari bank.

  • Definisi Saham

  • Tanda penyertaan atau pemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan

  • Suatu surat berharga yang menunjukkan adanya kepemilikan seseorang atau badan hukum terhadap perusahaan penerbit saham

  • Definisi Obligasi

    hutang / utang jangka panjang secara tertulis dalam kontrak surat obligasi yang dilakukan oleh pihak berhutang yang wajib membayar hutangnya disertai bunga (penerbit obligasi) dan pihak yang menerima pembayaran atau piutang yang dimilikinya beserta bunga (pemegang obligasi) yang pada umumnya tanpa menjaminkan suatu aktiva.

  • Definisi Deviden

    Deviden merupakan sebagian laba perusahaan yang dibagikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham.

  • Definisi Capital Gain

    Capital Gain merupakan keuntungan yang diperoleh dari kenaikan harga saham.

    Contohnya : hari ini membeli saham dengan harga 1000 per lembar dan besaok kita dapat menjual saham tersebut dengan harga 1500 perlembar.

  • Definisi Diskonto

    Diskonto merupakan jumlah selisih kurang antara nilai kini kewajiban (present value) dengan nilai jatuh tempo kewajiban (maturity value), karena tingkat bunga nominal lebih rendah dari tingkat bunga efektif.

  • Devinisi Tabungan

    Tabungan adalah simpanan dari pihak ketiga yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro dan atau alat lainya yang dapat dipersamakan dengan itu. Sedangkan Jumlah Tabungan yang dimaksud adalah total keseluruhan Tabungan yang dihimpun oleh bank dalam periode tertentu.

  • Devinisi Giro

    Giro adalah simpanan dari pihak ketiga kepada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, BG, atau surat perintah penarikan lainnya atau dengan cara pemindahbukuan. Sedangkan Jumlah Giro yang dimaksud adalah total keseluruhan Giro yang dihimpun oleh bank dalam periode tertentu.

  • Devinisi Deposito / Simpanan Berjangka

    Simpanan Berjangka atau Deposito (time deposit = deposito berjangka) adalah simpanan dari pihak ketiga pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu menurut perjanjian antara pihak ketiga dan bank yang bersangkutan

  • devinisi Kredit

    Kredit adalah kemampuan untuk melaksanakan suatu pembelian atau mengadakan suatu pinjaman dengan suatu janji, pembayaran akan dilaksanakan pada jangka waktu yang telah disepakati “.

  • Devinisi pasar modal

    Pasar modal adalah lembaga keuangan yang mempunyai kegiatan berupa penawaran dan perdagangan efek (surat berharga). Pasar modal juga merupakan lembaga profesi yang berkaitan dengan transaksi jual beli efek dan perusahan publik yang berkaitan dengan efek. Dengan demikian pasar modal dikenal sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli modal/dana. Pasar modal merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjual-belikan, baik dalam bentuk hutang maupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah, public authorities, maupun perusahaan swasta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s